Breaking News
Home / BERITA & ARTIKEL / Tandang Ki Hartanto

Tandang Ki Hartanto

Pose di Depan Grabag TV

Pose di Depan Grabag TV

Batu, 26 Maret 2017

Jum’at Sore Ary Agung Wibowo (Ketua Jurusan BC) dari SMKN 3 Batu didampingi oleh Lingga Galih Permadi bersama beberapa teman lain yaitu Anton Mabruri, Mas Karno dan lain-lain berkesempatan untuk sowan ke Ki Hartanto yang tidak lain adalah guru besar sekaligus inpirator mereka. Diterima dengan ramah dan sukacita di kediaman Ki Hartanto desa Ponggol Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang yang juga merupakan studio Grabag TV.

Ki Hartanto sebagai pendiri sekaligus pengelola padepokan Grabag TV mendapatkan pendidikan seni filmnya di Akademi Sinematografi LPKJ (sekarang Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta – FFTV IKJ). Ia juga mendapatkan pendidikan khusus di Australian Film, Television & Radio School (AFTRS) dan studi banding ke berbagai sekolah dan pusat industri film di Amerika, Belanda, Perancis, dll. Semasa masih aktif berkarya ia telah mendapatkan penghargaan sebagai Nominasi Penata Suara Terbaik (Film Cintaku di Rumah Susun) Festival Film Indonesia/FFI 1988, Nominasi Penata Suara Terbaik (Film Saur Sepuh III) FFI 1990, Penata Suara Terbaik (Film Tutur Tinular) FFI 1990, Penata Suara Terbaik (Film Lagu untuk Seruni) FFI 1991 dan Penata Suara Terpuji Festival Film Bandung 1992, Nominasi Penata Suara Terbaik (Film Bulan Tertusuk Ilalang) Festival Film Asia Pasifik 1998, dan Penata Suara Terbaik (Film Fatahillah) Festival Film Kineklub 1999. Pada tahun 2009 ia mendapatkan Lifetime Achievement Award dari Persatuan Karyawan Film dan Televisi Indonesia (KFT) atas dedikasinya dalam dunia perfilman Indonesia. Ki Hartanto juga terlibat aktif di balik layar 66 (enam puluh enam) film layar lebar Indonesia, khususnya sebagai sound designer. Diantaranya adalah film Cut Nyak Dien (1987), Perwira dan Ksatria (1991), Surat Untuk Bidadari (1995), Fatahillah (1996), Bulan Tertusuk Ilalang (1996), dan Pasir Berbisik (2000). (http://filmpelajar.com/page/program-padepokan-film-grabag-2014)

Selain berkarya, Hartanto juga berkiprah di dunia akademik sebagai Dekan Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta (FFTV IKJ) dua periode (1994-1997 dan 1997-2000). Ia juga diberi amanah sebagai Ketua Senat FFTV IKJ dari tahun 2003-2010. Selain itu, seiring dengan rintisan padepokannya, Hartanto juga mendirikan TV Komunitas (Grabag TV) yang menjadi salah satu inspirasi bagi tumbuhkembangnya jejaring TV Komunitas di Indonesia. (http://filmpelajar.com/page/program-padepokan-film-grabag-2014)

 

 

Print Friendly

About Admin SMK 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.